Beras Organik: Manfaat beras merah

Manfaat beras merah

Manfaat Beras Merah Organik - Secara umum, manfaat beras merah terkenal sebagai beras konsumsi bagi penderita diabet (kadar gula darah yang tinggi). Kenapa demikian, karena secara natural beras merah mempunyai kandungan glukosa yang lebih rendah dibanding dengan beras putih. Oleh karena itu, wajar jika penderita diabet mengkonsumsi nasinya berasal dari beras yang berwarna merah. Selain itu, warna merah dalam beras mempunyai nilai berkah tersendiri.

Beras merah organik Balepare-Karawang yang telah di produksi kini sudah berbentuk dalam kemasan vakum seperti pada produksi beras warna putih. Hal ini bertujuan sebagai upaya penghambat tumbuhnya kutu beras dan meningkatkan daya tahan beras.

beras merah organik

Secara alami, warna merah tersebut mengandung gen yang memproduksi antosianin.  Antosianin dalam beras merah berguna untuk mencegah komplikasi diabetes, mencegah kerusakan sistem limfa, mencegah proliferasi protein abnormal yang dapat menyebabkan kebutaan, dan meningkatkan adipocytokine geneexpression yang dapat menyebabkan resistensi insulin. Selain itu, antosianin dapat meningkatkan produksi insulin hingga 50%.


Melihat manfaat beras merah yang begitu besar bagi kesehatan tubuh manusia, kini Balepare - Karawang tengah mengembangkan produksi beras merah tersebut dengan metode budidaya full organik. Karena berdasarkan pengalaman kami selama ini, justru sisi manfaat yang besar bagi kesehatan adalah sisi luar dari beras ! Apabila sisi terluar beras begitu banyak manfaatnya, tetapi proses penanamannya dilakukan dengan cara an-organik, justru fungsi sisi luar beras itu menjadi terbalik/tidak berperan sebagaimana mesti fungsinya tersebut untuk membantu mengembalikan kesehatan tubuh si penderita penyakit, bahkan justeru bisa menjadi bumerang di kemudian harinya.

Di dapatkan dari beberapa sumber yang telah saya peroleh, bahwa manfaat beras merah organik bagi tubuh sangatlah banyak. Antara lain :
  1. Mencegah penyakit sembelit, batu ginjal, beri-beri, insomnia, ambeien, serta mampu menurunkan kadar gula.
  2. Baik untuk diet.
  3. Mencegah berbagai penyakit saluran pencernaan.
  4. Meningkatkan perkembangan otak.
  5. Menurunkan kolesterol darah.
  6. Mencegah kanker dan penyakit degenaratif.
  7. Menyehatkan jantung.
  8. Memiliki kandungan vitamin B1 dan mineral lebih tinggi dari pada beras putih.
  9. Mengandung lebih banyak magnesium, yang sangat baik untuk kesehatan kardiovaskular (jantung).
  10. Kaya akan fiber dan asam lemak. Kandungan fibernya yang tinggi dapat mencegah sembelit, sehingga memperlencar pencernaan.
  11. Sedangkan kandungan fiber yang tinggi juga membuat anda lebih kenyang dan tidak mudah lapar.
  12. Kaya akan asam amino.
 Berikut komposisi gizi per 100gr beras merah :

Protein                      7,5 gr
Lemak                      0,9 gr
  kalsium                      16 mg
  Fosfor                      163 mg
Zat besi                     0,3 gr
   Vitamin B                   0,21 mg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar